Movie Review: Now You See Me

Weekend lalu aku nonton film “Now You See Me” bareng Suami dan adikku di bioskop. Sebenernya udah cukup lama sih liat trailernya di HBO, dan makin penasaran setelah liat nama-nama pemainnya yang sebagian besar udah gak asing lagi buat aku. Berikut ini reviewku tentang film ini:

now you can see me

Judul Fim: Now You See Me

Official Website: http://nowyouseemem ovie.com

Rilis: Mei 2013

Durasi: 115 menit

Genre: crime, thriller 

Pemain: Jesse Eisenberg, Mark Ruffalo, Woody Harrelson, Mélanie Laurent, Isla Fisher, Dave Franco, Michael Caine dan Morgan Freeman

Cerita dimulai ketika 4 orang pesulap – Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), Henley Reeves (Isla Fisher), Jack Wilder (Dave Franco) dan Merritt McKinney (Woody Harrelson) – masih menjalani profesi sebagai pesulap tunggal di jalanan. Masing-masing melakukan atraksi sulap yang menakjubkan. Namun tanpa mereka sadari, ada sosok misterius yang memperhatikan atraksi sulap mereka dari jauh. Setelah atraksi selesai, si orang misterius tadi meninggalkan 4 buah kartu begitu saja tanpa diketahui oleh para pesulap. Di kartu itu dituliskan bahwa mereka harus datang ke sebuah tempat pada waktu yang sudah ditentukan.

Kemudian keempat pesulap bertemu di sebuah apartemen tua tak terawat di tempat yang dituliskan di kartu tadi. Ternyata Daniel dan Henley sudah saling kenal namun lama tak berjumpa. Sedangkan Jack adalah pesulap yang juga mengagumi Daniel sejak dulu. Merritt yang telah lebih dulu menunggu di apartemen itu mengungkapkan bahwa tak ada satupun orang yang menyahutnya ketika ia mengetuk. Pintunya juga terkunci. Namun Jack nekat membuka pintu itu bak seorang perampok handal. Setelah berhasil masuk, mereka menemukan sesuatu yang menakjubkan yang gak dijelasin lebih lanjut ke penonton.

Cerita berlanjut dengan settingan waktu satu tahun setelahnya. Keempat pesulap tadi telah menjadi pesulap terkenal yang melakukan atraksi sulap berkelompok dengan nama “The Four Horsemen”. Atraksi sulap megah mereka ini disponsori oleh seorang pengusaha asuransi kaya raya, Arthur Tressler (Michael Caine). Pada atraksi tersebut, keempat pesulap akan merampok bank dan mengundi sukarelawan yang akan melakukan atraksi perampokan di bank tempat ia menyimpan tabungannya. Didapatlah seorang laki-laki asal Perancis yang menabung di sebuah bank di Paris. Keempat pesulap menuntunnya untuk berteleportasi ke bank tersebut dan mengambil banyak sekali uang di sana. Perampokan tetaplah perampokan dan ini termasuk tindakan kriminal. FBI pun akhirnya mengincar The Four Horsemen. Kasus ini dikepalai oleh seorang agen FBI, Dylan Rhodes (Mark Ruffalo), dan bekerjasama dengan salah seorang interpol asal Paris, Alma Dray (Mélanie Laurent).

Keempat pesulap ini pun diinterogasi satu persatu. Mereka sering mengerjai FBI waktu sedang ditanya-tanya sampai FBI kualahan dan membebaskan mereka saat itu. Agen Dylan pikir mereka pasti akan mengulangi atraksi mereka lagi, jadi sementara itu FBI terus mengawasi sekaligus mempelajari teknik sulap yang dilakukan The Four Horsemen. Dylan pun menghubungi Thaddeus Bradley (Morgan Freeman), seorang mantan pesulap yang terkenal dieranya, namun saat ini ia telah pensiun dan mendapat banyak uang dari acara TV yang dibintanginya tentang pembongkaran rahasia pesulap. Dylan pun meminta Thaddeus untuk membongkar rahasia dibalik atraksi The Four Horsemen.

Intrik demi intrik pun terjadi. FBI semakin sering menjadi bulan-bulanan The Four Horsemen. Beberapa orang juga dituduh sebagai “penunggang kuda yang kelima” yang diduga merupakan anggota bayangan dari The Four Horsemen. Ada pengkhianatan, balas dendam, percintaan dan tentu saja ending yang gak terduga di akhir cerita. Bagaimana cara Thaddeus merumuskan rahasia dibalik trik-trik sulap The Four Horsemen? Siapa sih sosok misterius yang merekrut The Four Horsemen? Lalu apa motifnya? Saksikan sendiri deh filmnya..! Hihihiii… :D

Kenapa aku suka film ini?

Now You See Me dibintangi oleh aktor dan aktris yang udah sering wara-wiri di banyak box office. Seperti Jesse Eisenberg di film The Social Network, Isla Fisher di Confessions of a Shopaholic, Woody Harrelson di film Game Change, Dave Franco di 21 Jump Street, Mark Ruffalo di The Avengers, Morgan Freeman dan Michael Caine di The Dark Knight trilogy, jadi akting mereka tidak diragukan lagi di film ini. Selain itu banyak hal yang sengaja dibuat misterius supaya para penonton dibuat menduga-duga. Selama menonton kita akan disuguhi oleh beberapa atraksi sulap yang memukau yang membuat kita takjub dan bertanya-tanya,a “Kok bisa gitu? Caranya gimana?”, Hehehe. Selain itu ada beberapa quote di film ini yang menarik.. seperti;

“The closer you look, the less you’ll see. Now you see me”

“The more you think you see, the easier it’ll be to fool you”

“The key principle to all magic is preparation”

Dan yang paling aku sukai adalah ketika Thaddeus berusaha membongkar dan mencoba menebak rahasia di balik semua trik The Four Horsemen. Seru! Psst.. dugaannya ada yang bener, juga ada yang salah lho :D Ending film ini pun menurutku gak mudah ditebak. Pikiran kita seperti sengaja diarahkan sejak awal film, jadi jangan sampe “ketipu” :p Sosok misterius di awal cerita adalah orang yang pastinya terus muncul atau disebut-sebut di sepanjang cerita. Nah, jadi.. silahkan tebak sendiri siapa orangnya dan apa motifnya?! Salut banget deh kalo ada yang bisa nebak! Hehehe.. :p

Yang kurang..?

Yah, tiap orang pasti punya pendapat masing-masing tentang film ini. Bagi aku, meskipun gak mudah ditebak, namun ending film ini kurang greget. Ternyata bener aja sih, banyak juga yang kecewa sama endingnya kalau dilihat dari kritikan film ini di IMDB maupun di Wikipedia :D Aku juga kurang suka dengan aktingnya Mélanie Laurent sebagai agen Alma Dray yang terkesan datar, klemar klemer, kurang ekspresif dan masih terlalu “manis” memerankan seorang agen interpol yang dibayanganku adalah sosok yang perawakannya tegas, maskulin, meskipun bisa saja tetap terlihat chic (lagi-lagi ini menurutku sih..). Entahlah.. mungkin aja penokohannya di film ini memang sengaja dibuat seperti itu..(??)

Overall, aku berikan 7.8/10 Heart Potatoes untuk film Now You See Me! ;)

heartpotato1

note: sumber photo2: http://www.facebook.com/NowYouSeeMeMovie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *